Kamis, 11 Februari 2016

ReUSE : Kertas Sisa >> Buku Saku ‘Cantik’ (-tema FROZEN)

http://axbook.blogspot.com/2016/02/reuse-kertas-sisa-jadi-buku-saku-frozen.html

Melanjutkan posting sebelumnya untuk me-reUSE kertas-kertas sisa.
Dan menjawab pertanyaan : Bagaimana kalau kertas sisa yang kita punya bukan kertas yang double (cuma satu sisi/lembar), sehingga sulit dijilid ulang jadi ‘buku baru’ ?

(Salah satu) kreasinya : jadikan BUKU SAKU !
Buku saku yang memang muat dalam saku + muat dalam kotak kado saya (baca dulu posting sebelumnya) :D

Jadi, inilah yang saya kerjakan (Desember kemaren) :



Bahan dan alat :
Kertas sisa dari buku tulis (untuk isi),
karton/kertas tebal yang lain (untuk cover),
cutter, gunting, penggaris besi, staples, jarum pentul.












Dari kertas-kertas sisa ini (seperti gambar dibawah), saya cuma ambil bagian bergaris (area tulis)-nya. Potong dengan cutter dan penggaris besi (gunakan kaca/cutting mat sebagai alas).

Foto 1 ReUSE_BukuSaku_by Ax!
Foto 2 ReUSE_BukuSaku_by Ax!

Dan sekarang, ukuran kertasnya menjadi : ± 10,5 x 17,5 cm yang nantinya akan dilipat ke bawah (blocknote), menjadi ± 10,5 x 8,75 cm.

Selanjutnya, untuk cover (gunakan karton/kertas tebal yang lain).
Kemaren saya pilih tema FROZEN.
Alasannya : Karna ini untuk diisi ke kado natal. Natal, pohon cemara, salju, snowman (ada OLAF), cocoklah~
Kado natalnya juga buat anak-anak, (buat hadiah, NOT FOR SALE). Film animasi ini mungkin salah satu favorit mereka (mungkin lebih ke cewek) :D
Dan terakhir, karna salah satu keponakan saya (kesannya saya jadi tua -_-) lagi kena demam. Demam FROZEN ! Jadi semua barangnya pengen yang bertema FROZEN (+ dengan jelas tertulis di tas sekolahnya : FROZEN FEVER) :D

Okelah, untuk masalah ‘gender’ tadi, jadinya saya gambar 2 cover (back cover-nya sama) : gambar “Elsa & Anna” buat yang cewek, “OLAF” buat yang cowok.
(Soalnya saya ngga sempat/malas mikirin tema lain untuk cowok, bahkan nggambar-nya aja 1 minggu sebelum natal, nunggu mood bagus) :D





FrozenPBook_Elsa & Anna_by Ax ! [size 20%]
FrozenPBook_BackCover_by Ax ! [size 20%]
FrozenPBook_Olaf_by Ax ! [size 20%]

(Karna printer saya kehabisan tinta kuning, terpaksa beberapa warna-nya diganti, tanpa kuning, oranye, hijau, dsb) :(

Cover saya print dengan ukuran 10,5 x 18/18,5 cm (sedikit lebih panjang dari kertas isi).

Foto 3 ReUSE_BukuSaku_by Ax!
Foto 4 ReUSE_BukuSaku_by Ax!

Dan, lineart gambar juga saya print di tiap kanan bawah kertas isi (biar ngga polos-polos amat) :D

Foto 5 ReUSE_BukuSaku_by Ax!
Foto 6 ReUSE_BukuSaku_by Ax!

Satukan cover dan kertas isi (jangan terlalu tebal/terlalu tipis), kalau saya kemaren : 15 lembar per buku. Lipat !

Tahap selanjutnya, menjilid !





LANJUT >>>





Posting Terkait Dalam Folder Yang Sama :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for Reading !
Leave your comment here....